gorden rumah sakit

Sebagian besar furnitur yang berada di dalam rumah sakit ternyata mempunyai fungsinya masing masing bukan hanya sekedar untuk dekorasi saja. Seperti yang akan kita bahas satu ini yaitu gorden rumah sakit. Yang biasa kalau disimpan dirumah hanya berfungsi untuk menghalagi kaca atau sinar matahari, berbeda dengan gorden rumah sakit.

Gorden rumah sakit memiliki fungsi yang sangat krusial sekali, dan bahkan akan berakibat sangat fatal jika sebuah rumah sakit tidak menggunakan gorden rumah sakit. Dibawah akan saya jelaskan beberapa funsgi krusial untuk sebuah gorden rumah sakit, kenapa wajib ada di sebuah rumah sakit.

 Dan juga ternyata gorden rumah sakit ini bisa menjadi tolak ukur acuan akreditasi sebuah rumah sakit atau klinik aakah bernilai baik atau buruk bukan dari segi kebersihan furniturnya saja, tetapi dari pemilihan furnitur nya juga.

gorden rumah sakit

Banyak masyarakat yang menilai bahwa gorden yang ada di rumah sakit adalah hanya sebagai penyekat diantara pasien saja atau bahkan ada yang menilai nya sebagai hiasan saja. Maka dari itu perlu adanya edukasi tentang pentingnya gorden rumah sakit ini agar pasien atau keluarganya mengert dan bisa menggunakan nya dengan semestinya.

Karena khusus nya gorden rumah sakit ini, maka bahan nya pun berbeda dengan gorden rumahan biasa dan mempunyai fungsi fungsi khusus didalamnya. Nah apa aja sih fungsi fungsi khususnya, mari kita simak dibawah ini.

Gorden Penyekat Ruangan Rumah Sakit

gorden rumah sakit

Yang sering orang nilai mengenai gorden rumah sakit adalah bahawa fungsinya sebagai penyekat ruangan, ya memang inilah salah satu fungsinya tapi bukan hanya penyekat ruangan saja ada fungsi fungsi lainnya juga.

Sebagai penyekat ruangan, gorden rumah sakit memisahkan tempat tidur pasien pasien yang ada dalam satu ruangan, biasanya ruangan ini adalah ruangan umum atau ruangan instalasi gawat darurat.

Ada beberapa tipe gorden rumah sakit yang dijadikan sekat ruangan ini tapi untuk masalah bahan nya sama karena harus sesuai standar yang telah diterapkan. Biasanya gorden rumah sakit ini menyekat memisahkan 5 bahkan 10 pasien dalam satu ruangan. Gunanya tidak lain agar pada adanya privasi diantara pasien yang berdekatan.

Nah yang berikutnya fungsi lain dari gorden rumah sakit ini kita simak ulasannya dibawa yaaa.

Gorden Rumah Sakit Menghalangi sinar yang masuk

gorden anti cahaya masuk

Nah fungsi lainnya dari gorden rumah sakit ini adalah untuk menghalangi sinar yang masuk baik itu sinar matahari ataupun sinar lain yang dapat mengganggu pasien. Ini sangat penting juga dikarenakan ada sebagian pasien yang berada di rumah sakit terkadang tidak boleh terkena sinar mathari, seperti pada penderita kulit yang terbakar.

Maka dari itu gorden rumah sakit ini tidak boleh menggunakan gorden yang transparan, harus gorden yang tidak tembus cahaya. Bayangkan jika gorden rumah sakit nya transparan, itu sangat bereksiko sekali untuk si pasien sendiri.

Pada saat pemeriksaan oleh dokter pun, harus terhindar dari cahaya yang berlebihan agar tidak mengganggu pemeriksaan yang sedang berlangsung. Pada saat pemeriksaan sedang dilakukan pun harus adanya privasi untuk dokter dan pasien agar lebih terjaga kerahasiaan informasi penyakit yang diderita pasien.

Selain itu sinar matahari juga bisa membuat pasien yang terkena luka bakar atau luka di tubuh bisa lebih merasakan nyeri karena panasnya matahari yang masuk jika tidak dihalangi oleh gorden rumah sakit.

Nah itulah salah satu fungsi gorden rumah sakit sebagai penghalang sinar yang masuk, berikutnya pembahasan yang lebih penting lagi, simak yaa

Gorden Rumah Sakit Anti Air Atau Darah

gorden anti darah dan noda

Nah ini juga adalah salah satu fungsi gorden rumah sakit yang paling penting, yaitu sebagai penghalang noda noda yang akan mengganggu seperti darah, air atau lain lain. Seperti kita tau bisa saja tiba tiba pasien muntah darah dan mengenai gorden rumah sakit pasien yang berada disebelahnya. Jika menggunakan gorden biasa maka akan tembus dan mengenai pasien lain dan bisa saja tertular penyakit yang sama.

Bagaimana juga jika ada bahan bahan kimia yang dibawa perawat tumpah secara tidak sengaja ke gorden, jika hanya memakai gorden biasa maka bisa saja bahan kimia tersebut mengenai atau tersentuh oleh pasien, atau mungkin mengenai bagian tubuh pasien yang vital.

Maka dari itu inilah fungsi yang tidak kalah penting lainnya dari gorden rumah sakit yaitu untuk menghalangi Air, Darah atau noda noda lainnya masuk atau merembes, makanya gorden rumah sakit anti air dan anti darah ini harus diterapkan di rumah sakit.

Selain itu juga ini adalah sudah menjadi aturan baku bagi sebuah rumah sakit atau klinik untuk memakai gorden yang anti darah dan anti noda agar tidak menyerap kepada pasien pasien lain ketika dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Dalam pemeriksaan akreditasi juga ini selalu menjadi aspek penting penilaian untuk semua rumah sakit yang akan mempengaruhi banyak nilai pada akreditasi rumah sakit tersebut.

Baca Juga:

Ini Yang Terjadi Jika Anda Memegang Gorden Rumah Sakit

Furnitur Rumah Sakit Minimalis

Ini sangat bermanfaat sekali untuk rumah sakit atau klinik yang membutuhkan gorden di rumah sakitnya, ingat yaaa, jangan sampai anda memakai gorden rumah sakit rumahan saja, tapi gunakanlah gorden rumah sakit khusus yang terverifikasi oleh pemerintah.

Singkatnya segala hal yang bisa menularkan melalui air harus ada penghalang menuju pasien atau tempat pemerikasaaan ataupun sebaliknya, untuk menjaga dari hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

Nah untuk berikutnya kita akan bahas fungsi dari gorden rumah sakit yang paling penting yang banyak orang sebenarnya tidak menyadari tentang hal itu.

Anti Bakteri

gorden anti bakteri

Nah inilah fungsi dari gorden rumah sakit yang paling penting dan vital sekali, yaitu anti bakteri, dimana sebuah gorden rumah sakit harus mempunyai bahan yang mampu menangkal bakteri dan tidak menyimpan bakteri didalamnya.

Gorden rumah sakit yang menyimpan bakteri tentunya bisa sangat berbahaya bagi pasien bahkan keluarga pasien dimana ketika mereka menyentuh gorden nya bisa tertular bakteri berbahaya dari gorden yang berada di rumah sakit tersebut.

Maka dari itu dibutuhkan sebuah bahan yang anti bakteri dalam jangka yang sangat lama aga lmelindungi pasien dan kelaurga pasien ketika mereka menyentuh gorden rumah sakit yang umumnya dianggap biasa ole masyarakat ini.

Bayangkan jika ada seseorang pengidap HIV menyentuh gorden rumah sakit yang menyimpan bakteri lalu gorden rumahs akit tersebut disentuh oleh orang lain, maka kemungkinan orang tersebut tertular virus HIV adalah 89%.

Mengingat begitu berbahaya dan vital nya hal ini, maka gorden ruamh sakit yang anti bakteri sangat dibutuhkan oleh semua rumah sakit dan klini yang ada di Indonesia, tentunya juga hal ini yang akan sangat krusial mempengaruh nilai akreditasi jika terjadi akreditasi di rumah sakit tersebut.

Nah sekian untuk pembahasan kali ini, jangan lupa juga baca materi materi kami yang lain mengenai furnitur rumah sakit dan cara penggunannya agar kita semua teredukasi dan bukan hanya asal mengunakan apapun yang berada di rumah sakit.

Jangan lupa kalau mau membeli gorden rumah sakit yang bergaransi dan tersertifikasi nasional hanya ada di http://www.deden-decor.com/

0 Comments

  • asep.rizqi@outlook.com
    Februari 22, 2020

    Visitor Rating: 5 Stars

  • asep.rizqi@outlook.com
    Februari 22, 2020

    Visitor Rating: 5 Stars

  • asep.rizqi@outlook.com
    Februari 22, 2020

    Visitor Rating: 5 Stars

LEAVE A REPLYYour email address will not be published. Required fields are marked *Your Name

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.